Selasa, 25 November 2014

Cara Memulai video call di Google Apps

Untuk memulai video call, sebaiknya pastikan Anda memiliki semua peralatan, perangkat lunak, atau plugin yang dibutuhkan.

Sebelum memulai video call untuk pertama kali

  • Periksa persyaratan sistem untuk Hangouts.
  • Pastikan Anda memiliki perangkat lunak terbaru untuk kamera web.
  • Untuk mendapatkan kualitas video terbaik, posisikan sumber cahaya di belakang kamera sehingga Anda memiliki penerangan yang cukup. Kamera web tidak berfungsi dengan baik dalam pencahayaan yang rendah.
  • Sambungkan headset. Untuk mendapatkan kualitas audio terbaik saat melakukan panggilan, sebaiknya gunakan headset dengan mikrofon bawaan.
  • Unduh dan pasang plugin Hangouts versi terbaru.
Jika menggunakan browser Chrome, Anda tidak memerlukan plugin Hangouts. Tetapi, Anda perlu mengizinkan Hangouts mengakses mikrofon dan kamera komputer agar dapat memulai video call.
Jika perusahaan Anda menggunakan Google Apps, Anda mungkin masih perlu mengunduh dan memasang plugin Hangouts versi terbaru untuk melakukan video call menggunakan Chrome.
  1. Ketika Anda mencoba memulai video call untuk pertama kali, akan ada pesan di bawah bilah alamat yang berisi permintaan izin untuk mengakses mikrofon dan kamera komputer.
  2. Klik Izinkan. Anda hanya perlu melakukan ini sekali. Browser Chrome akan mengingat pilihan tersebut untuk Hangout berikutnya.
    • Lingkaran merah Red circle pada bilah alamat browser Chrome: Ini artinya tab browser tersebut sedang menggunakan mikrofon dan kamera Anda. Ini juga berarti bahwa Anda melakukan Hangouts video call tanpa mengunduh plugin ke komputer.
    • Ikon kamera video Video camera in Chrome pada bilah alamat browser Chrome: Ini artinya Anda telah mengizinkan situs web yang sedang dibuka untuk menggunakan kamera dan mikrofon, tetapi mungkin sebenarnya situs web tersebut tidak sedang menggunakannya.
Jika Anda menolak akses saat kali pertama tetapi ingin mengizinkannya nanti, Anda dapat mengubah setelan tersebut selama video call berlangsung:
  1. Di video call, buka bilah alamat di browser Chrome.
  2. Klik ikon kamera dengan tanda X Video camera with X in Chromedi atasnya.
  3. Klik “Selalu izinkan plus.google.com untuk mengakses kamera dan mikrofon”.
  4. Klik Selesai.
  5. Klik Muat ulang.
Jika menggunakan Firefox 26, Anda harus mengizinkan plugin Hangouts di komputer agar video call dapat berfungsi.
  1. Ketika Anda mencoba memulai video call untuk pertama kali menggunakan browser Firefox terbaru, akan ada pesan kesalahan di bawah bilah alamat.
  2. Di sebelah kiri bilah alamat, klik ikon bata abu-abu .
  3. Akan muncul sebuah pesan yang menanyakan apakah Anda ingin mengizinkan plugin Google Talk dijalankan untuk video call. Klik Izinkan.
  4. Pilih salah satu dari tiga opsi di bawah ini untuk plugin Google Talk dan Google Talk Video Renderer:
    • Allow now: Mengizinkan plugin untuk berfungsi pada video call ini.
    • Allow now and remember: Mengizinkan plugin untuk berfungsi pada video call ini dan video call berikutnya.
    • Block plugin: Memblokir plugin sehingga tidak berjalan.
Jika menggunakan Safari 6.1 ke atas, Anda harus memasang plugin Hangouts di komputer agar video call dapat berfungsi.
  1. Ketika Anda mencoba memulai video call untuk pertama kali menggunakan browser Safari, akan ada pesan kesalahan.
  2. Pesan tersebut akan menanyakan apakah Anda ingin memercayai situs web Google untuk menjalankan plugin Google Talk guna memulai video call. Klik Trust untuk mengizinkannya. Jika mengeklik Not now, Anda dapat memasangnya di lain waktu.
  3. Jika ingin memasangnya nanti, di Safari, buka Preferences > Security > Manage website settings > Pilih setiap plugin Google Talk > Klik Allow.

Memulai video call

  1. Buka Hangouts di Gmail atau Google+.
    • Gmail: Di sudut kiri bawah, klik ikon Hangouts .
    • Google+: Di sudut kanan atas, klik ikon Hangouts .
  2. Pilih seseorang dari daftar Hangouts. Atau klik tombol penelusuran  dan ketik nama atau alamat email. Sesudah menemukan orang yang diinginkan, klik namanya.
    • Jika Anda ingin memulai video call grup, centang kotak di depan beberapa nama orang dan klik ikon video untuk memulai video call.
  3. Klik ikon video .

Menyimpan bookmark ke video call

Setiap kali memulai video call, Anda dapat menyimpan tautan langsung untuk dibagikan dengan kontak atau memulai video call lagi kapan saja di lain waktu.
  1. Buka jendela video call Anda.
  2. Klik kotak berisi tautan berbagi di bagian bawah jendela video call.
  3. Untuk menyalin tautan itu, klik Command + C (keyboard Mac) atau Control + C (PC dan Chromebook).
  4. Kemudian tempelkan tautan di email, jendela chat, atau di mana saja yang Anda inginkan untuk menyimpan atau berbagi informasi video call tersebut. Untuk menempelkan tautan, ketik Command + V (keyboard Mac) atau Control + V (PC dan Chromebook)
Harap diingat bahwa ketika Anda memulai sesi video call lain dengan tautan yang dibookmark, setelan Anda tidak akan disimpan, misalnya opsi mengabaikan seseorang. Anda harus mengubah setelan untuk tiap video call.

Menambahkan orang setelah video call dimulai

Siapa saja di Hangout dapat menambahkan orang lain setelah video call dimulai.
  1. Klik tombol undang orang  di bagian atas jendela video call.
  2. Ketik nama seseorang atau nama lingkaran.
  3. Klik Tambahkan orang untuk mengirim pemberitahuan kepada orang-orang yang Anda pilih.
Anda dapat mengundang orang sebanyak yang diinginkan untuk bergabung dengan Hangout, tetapi Anda hanya dapat mengundang maksimum 9 orang di Hangout dalam satu waktu. Jika ada orang lain mencoba masuk, mereka akan diberi tahu bahwa saat ini Hangout sudah penuh. Namun demikian, Anda juga dapat melakukan siaran ke lebih dari 9 orang menggunakan Siaran Hangouts.

Hal-hal yang harus diingat mengenai video call

  • Siapa saja yang memiliki Akun Google dapat bergabung dengan video call.
  • Dalam hal ini, Anda perlu akun Google+ dan Akun Google:
    • Untuk bergabung dengan video call grup yang tidak mengundang Anda. Anda perlu akun Google+ untuk bergabung dengan Hangout video di Google+ atau bergabung dengan video call yang tidak mengundang Anda, tetapi Anda memiliki akses ke video call tersebut karena seseorang membagikan tautannya dengan Anda.
    • Untuk mengakses aplikasi di video call grup, seperti aplikasi Tanya Jawab atau aplikasi Etalase. Anda masih dapat berbagi layar dan menggunakan chat grup dalam video call grup tanpa akun Google+.

Mengubah setelan dan menggunakan aplikasi selama video call

Video call tersedia dalam tampilan layar penuh. Anda dapat mengubah opsi video call dan menggunakan aplikasi selama Hangout:
  • Bilah alat: Untuk melihat opsi video call, seperti membisukan suara dan menonaktifkan umpan video selama video call, arahkan mouse ke tengah atas layar.
  • Aplikasi: Untuk melihat aplikasi, seperti berbagi desktop selama video call, arahkan mouse ke sebelah kiri layar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar