Rabu, 24 Januari 2024

KONSEP DAN BUKTI DUKUNG 18 RENCANA HASIL KERJA (RHK) GURU YANG WAJIB DI PILIH UNTUK MEMENUHI TARGET MINIMAL 32 POINT



**

Semua guru diharapkan mengenal, melek dan memahami PMM, karena di portal aplikasi inilah sebagian kesibukan dan menegerial kinerja guru di kelola, mulai dari perencanaan hingga fase Akhir penilaian. Dunia digital menuntut para pegawai guru untuk kreatif dan mahir dalam memainkan tehnologi, Salah satunya Fitur PMM.

Regulasi kebijakan baru telah *mendorong dan menggiring para guru* untuk eksplorasi dan beraktifitas di PMM, dengan adanya sistem baru profesi Guru terutama ASN diwajibkan mengelola kinerjanya di PMM, dalam bentuk mengerjakan menyusun E-SKP.


Dalam penyusunan SKP semua guru di haruskan *merencanakan kegiatan pengembangan diri yang harus dilakukan untuk memenuhi Perolehan Point.* Mengenai target point itu variatif tergantung keinginan guru dan kompetensi yang ingin di capai. Dari Rencana hasil kerja pengembangan diri, guru di tuntut mampu mengumpulkan *point paling sedikit BATAS MINIMUM (KKM) 32 Point*. Ini dapat peroleh dengan cara menambahkan point point RHK yang di pilih

Point point itu dapat diperoleh dengan *memilih RHK yang di kehendaki tersedia dalam PMM.* Mengenai Rencana Hasil kerja ada Opsi 18 konsep dengan jumlah point yang berbeda *mulai angka point 4-128*.

Berikut RHK yang harus di pilih guru untuk mendapatkan *Nilai Point di PMM*

1.Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai peserta pelatihan mandiri sesuai modul kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan atau pengawas sekolah, *1 Pelatihan serta aksi nyata setara dengan 8 poin, bukti dukung berupa sertifikat topik PMM.*

2. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Partisipan observasi praktik pembelajaran (Persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat. 1 Observasi sebagai pelaku dan pengamat secara bergantian *Bernilai dengan 8 poin, bukti dukung berupa laporan.*

3. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penggerak komunitas belajar dengan mengadakan minimal 3 kegiatan berbagi praktik baik, *3 kegiatan setara dengan 36 poin, bukti dukung berupa sertifikat.*

4. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Narasumber berbagi praktik baik dalam kegiatan yang terkait implementasi Kurikulum Merdeka dan atau Perencanaan Berbasis Data, *1 Kegiatan berdurasi 2- 3 jam setara dengan 8 poin, dibuktikan dengan sertifikat.*

5. Mengkitaknya kompetensi melalui peran sebagai Peserta berbagai praktik baik yang diselenggarakan komunitas belajar, *1 kegiatan berdurasi 2- 3 jam setara dengan 4 Poin, dibuktikan dengan sertifikat.*


6. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta Program pelatihan dan pendidikan jangka pendek atau menengah pada bidang kepemimpinan dan bidang teknis yang relevan seperti Pendidikan Guru Penggerak atau Pelatihan Manajerial Kepala Sekolah *1 kegiatan berdurasi 3- 6 bulan setara dengan 128 poin, bukti dukung berupa sertifikat.*


7. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta kegiatan pelatihan atau bimbingan teknis yang memperoleh sertifikat di bidang pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi, *1 Kegiatan berdurasi 2- 3 hari setara 8 poin , dibuktikan dengan sertifikat*.

8. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai peserta praktek magang pada dua kerja atau bidang lain yang relevan, *1 Kegiatan berdurasi 2- 4 minggu kapasitas dengan 24 poin, bukti dukung dengan sertifikat.*

9. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Partisipan kegiatan seminar lokakarya konferensi, simposium dan atau studi banding lapangan yang diselenggarakan di bidang pendidikan, *1 kegiatan memuat dengan 4 poin, dibuktikan dengan sertifikat.*

10.Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peraih pengakuan atau penghargaan terhadap kompetensi dan kinerja dalam berbagai wadah atau ajang, *1 penghargaan bobot dengan 12 poin, dibuktikan dengan piagam.*

11.Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penelaah aksi nyata sejawat yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain, *10 Aksi Nyata bernilai 6 poin, dibuktikan dengan Laporan.*


12.Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penelaah cerita praktik yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain *10 Cerita Praktik bernulai 6 poin, dibuktikan dengan Laporan.*

13. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penelaah perangkat ajar yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain, *10 Perangkat Ajar berbobot 6 poin, dibuktikan dengan Laporan.*

14.Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penyusun cerita praktik yang dapat dibagikan kepada Guru dan/atau Kepala Sekolah lain, *1 Cerita Praktik yang terbit di PMM volume 12 poin, bukti dukung dengan Cerita Praktik yang terbit di PMM.*

15. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penyusun perangkat ajar yang dapat dibagikan kepada Guru dan/atau Kepala Sekolah lain, *Perangkat Ajar yang terbit di PMM kapasitas 24 poin, bukti dukung dengan Perangkat Ajar yang terbit di PMM.*

16. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penyusun kumpulan konten unggulan yang dapat dibagikan kepada Guru dan/atau Kepala Sekolah lain, *1 Kumpulan Konten Unggulan yang terbit di PMM 6 poin, Bukti dukung dengan Kumpulan Konten Unggulan yang terbit di PMM.*

17. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Coach, mentor, fasilitator, dan/atau pengajar praktik dalam kegiatan pengembangan kompetensi kepada Guru, Kepala Sekolah, dan/atau pengawas sekolah, *1 kegiatan berdurasi 2-3 jam 12 poin bukti dukung dengan Sertifikat.*

18. Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta coaching atau mentoring pengembangan kompetensi oleh Guru, Kepala Sekolah, dan/atau pengawas sekolah, *1 kegiatan 4 poin, bukti dukung dengan Sertifikat.*

Dari sejumlah 18 Rencana Hasil Kerja inilah Yang Dapat Guru Pilih Untuk Memenuhi *Minimal 32 Poin Kinerja*


*Kesimpulan*

1. Variatif bobot point RHK mulai nominal (4- 6-8-12-24-36 -128 Poin)

2. 4 Konsep RHK bukti dukung *berupa Laporan*

3. 10 Konsep RHK Bukti pendukung *berupa Sertifikat umum dan topik PMM*

4. 4 Konsep RHK Bukti Dukung berupa *Kompilasi Karya konten, cerita praktik, Piagam, Perangkat Ajar*

Totalitas RKH 18 Konsep.

Demikian informasi mengenai 18 konsep Rencana Hasil Kerja Yang Dapat Guru Pilih Untuk Memenuhi Minimal 32 Poin Kinerja, guna menyusun E-SKP sampai Final

*_Semoga dapat bermanfaat menambah keilmuan, Skill,Talenta meningkatkan kinerja dan produktif._*




📚🖋️🎓




_Terbit : Karangawen, Demak 24/01/2024_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar