Selasa, 14 Oktober 2014

Mengambil foto atau merekam video di Windows Phone

Mengambil foto atau merekam video

Telepon Anda selalu mengikuti ke mana pun Anda pergi dan kamera Windows Phone selalu siap—sehingga Anda tidak akan pernah melewatkan momen penting lagi. Berikut adalah dasar tentang pengambilan foto dan perekaman video.

Untuk mengambil foto

Saat menggunakan kamera untuk pertama kali, Anda akan dimintai izin penggunaan lokasi Anda. Jika mengizinkannya, Anda akan dapat melihat tempat foto diambil. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat Menambahkan info lokasi ke foto saya.
  1. Tekan tombol Kamera untuk memulai kamera. Ini adalah tombol yang biasanya ditemukan sisi panjang telepon Anda. (Anda dapat memotret meskipun telepon dalam keadaan terkunci atau dalam mode tidur—cukup tekan terus tombol Kamera.)
  2. Tahan telepon agar tidak bergerak, baik secara vertikal (tampilan potret) maupun horizontal (tampilan lanskap). Gunakan kontrol perbesar/perkecil Kontrol perbesar/perkecil pada penampil foto untuk menyesuaikan jepretan Anda.

    Kiat

    • Ketuk Pengaturan ikon Pengaturan untuk mengubah berbagai pengaturan yang mungkin telah disertakan oleh pabrikan telepon Anda, misalnya lampu kilat, kecerahan, atau resolusi foto. Perubahan yang Anda buat pada pengaturan lampu kilat akan tersimpan secara otomatis untuk penggunaan kamera di lain waktu. Jika Anda ingin menyimpan perubahan pengaturan lainnya untuk digunakan lagi, ketuk Simpan pengaturan setelah melakukan perubahan.
    • Sering memotret tanpa sengaja ketika mengantongi telepon? Buka Foto > Lainnya ikon Lainnya > Pengaturan dan aktifkan Cegah peluncuran kamera secara tidak sengaja saat telepon dikunci.
  3. Lakukan salah satu langkah berikut untuk memotret:
    • Tekan tombol Kamera setengah ke bawah untuk fokus, kemudian tekan tombol sepenuhnya untuk memotret. Metode ini akan fokus ke tengah layar secara otomatis.
    • Ketuk sembarang titik pada layar untuk fokus ke sana. Kamera akan fokus, lalu memotret—Anda tidak perlu menekan atau mengetuk apa pun.

    Catatan

    • Jika mengetuk layar untuk mengambil foto tidak bekerja, Anda mungkin perlu mengaktifkannya di Foto > Lainnya ikon Lainnya > Pengaturan.
    • Perangkat keras telepon Anda mungkin tidak mendukung fokus ubahsuaian (kemampuan untuk fokus pada titik yang Anda ketuk). Dalam hal ini, kamera akan fokus ke tengah layar secara otomatis.
    Fokus aktif saat tanda kurung putih muncul di layar
    Bidang penilik kamera dengan fokus aktif

    Kiat

    Mengambil foto di tempat yang tenang? Anda dapat membisukan suara rana. Pada Mulai, sentil ke kiri ke daftar Aplikasi, lalu ketuk Pengaturan > Nada dering+suara. Ketuk Rana kamera untuk mengaktifkan atau menonaktifkan suara rana. (Opsi ini mungkin tidak tersedia di negara atau wilayah Anda.)
  4. Foto tersimpan secara otomatis dalam album Rol Kamera pada telepon Anda. Anda juga dapat menyiapkan telepon agar otomatis mengunggah foto ke OneDrive (sebelumnya disebut SkyDrive). Lihat Berbagi foto dan video.

    Catatan

    Anda tidak akan dapat mengunggah foto secara otomatis ke OneDrive jika telepon Anda memiliki RAM 256 MB.
  5. Setelah mengambil foto, lakukan salah satu langkah berikut untuk melihatnya pada penampil foto:
    • Jika Anda memegang telepon secara horizontal, sentil ke kanan.
    • Jika Anda memegang telepon secara vertikal, sentil ke bawah.
  6. Ketuk Lainnya ikon Lainnya (atau ketuk dan tahan foto) untuk melihat opsi seperti menambahkannya sebagai favorit, menggunakannya sebagai wallpaper untuk layar kunci Anda, dan membaginya di jejaring sosial. Jika Anda telah memasang aplikasi editor gambar, Anda dapat menemukannya di daftar Aplikasi.
    Gambar menu foto
    Menu foto

    Kiat

    • Untuk memperbesar dan memperkecil saat Anda melihat foto, ketuk dua kali atau jepit dan rentangkan.
    • Anda juga dapat melihat foto dan video dalam tampilan strip film. Buka album, ketuk foto atau video, jepit seperti ingin mengecilkannya, kemudian sentil ke kiri atau kanan untuk melihat strip film. Ini paling sesuai untuk tampilan lanskap (horizontal).
    • Punya beberapa foto yang sangat spesial? Tambahkan ke Favorit, lalu gunakan foto tersebut untuk mempersonalisasi telepon Anda. Pelajari caranya pada Favorit di Hub Foto.

Untuk memperbaiki foto secara otomatis

Perbaikan otomatis langsung menerapkan beberapa perbaikan fotografi umum—pencahayaan, temperatur warna, dan penyesuaian bayangan/sorotan—dengan cara yang disesuaikan untuk tiap foto.
  1. Pada Mulai, ketuk Foto.
  2. Temukan foto yang ingin Anda perbaiki dan ketuk untuk membukanya.
  3. Ketuk Lainnya ikon Lainnya > Perbaikan otomatis.
  4. Jika Anda ingin membatalkan perubahan, ketuk Urungkan perbaikan ikon Urungkan perbaikan.
  5. Ketuk Simpan ikon Simpan.

    Kiat

    Setelah menyinkronkan foto ke komputer, Anda dapat mengeditnya menggunakan Galeri Foto Windows Live, program pengedit foto yang dapat diunduh secara gratis.

Merekam video

  1. Tekan tombol Kamera untuk memulai kamera. Tombol ini biasanya ditemukan pada sisi panjang telepon Anda. (Anda dapat merekam video meskipun telepon dalam keadaan terkunci atau dalam mode tidur—cukup tekan terus tombol Kamera.)
  2. Ketuk Modus video ikon modus Kamera untuk beralih ke modus video—ikon akan berubah menjadi hitam di atas putih ikon kamera Video dan Anda akan melihat penghitung video pada layar. Tahan telepon agar tidak bergerak, baik secara vertikal (tampilan potret) maupun horizontal (tampilan lanskap).

    Kiat

    • Cara terbaik merekam dan melihat video adalah dengan memegang telepon dalam tampilan lanskap.
    • Ketuk Pengaturanikon Pengaturan untuk mengubah berbagai pengaturan yang disertakan oleh produsen telepon Anda. Jika Anda ingin menyimpan perubahan pengaturan untuk digunakan lagi, ketuk Simpan pengaturan setelah melakukan perubahan. Jika tidak, kamera akan kembali ke pengaturan standar di saat Anda menggunakannya lagi.
  3. Lakukan salah satu hal berikut:
    • Tekan tombol Kamera untuk mulai merekam. Ketuk lagi tombol Kamera untuk berhenti merekam.
    • Ketuk layar untuk mulai merekam. Ketuk lagi layar untuk berhenti merekam.
  4. Video tersimpan secara otomatis dalam album Rol Kamera pada telepon Anda.
    Thumbnail video di Rol kamera
    Thumbnail video di Rol kamera
  5. Setelah Anda merekam video, lakukan salah satu langkah berikut untuk memutarnya di penampil video:
    • Jika Anda memegang telepon secara horizontal, sentil ke kanan.
    • Jika Anda memegang telepon secara vertikal, sentil ke bawah.
    Penampil video
    Penampil video
  6. Untuk melihat opsi video seperti berbagi, ketuk Lainnya ikon Lainnya (atau ketuk dan tahan video).

Catatan

Jika Windows Phone Anda memiliki RAM 256 MB atau lebih dan produsen Anda telah menambahkan opsi, Anda dapat merekam video HD (resolusi definisi tinggi 1280x720). Untuk memutar video HD pada telepon Anda, video diskalakan menjadi resolusi 800x450 agar sesuai dengan layar. Jika Anda menghubungkan telepon ke komputer dan menyalin video ke komputer, Anda dapat memutar video HD dalam resolusi penuh 1280x720.

Kiat

  • Untuk menemukan video yang Anda rekam di telepon dan diselaraskan dengan komputer, buka perangkat lunak Zune, lalu klik Koleksi > Video.
  • Jika Anda ingin menghapus banyak foto atau video, atau ingin menyimpannya ke komputer, Anda dapat menghemat waktu dengan menghubungkan telepon ke komputer dan menggunakan perangkat lunak Zune untuk melakukan tugas berat tersebut. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penyelarasan, lihat Menyelaraskan musik, foto, dan video.

Sumber : http://www.windowsphone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar