Sabtu, 20 September 2014

Contoh Pidato Anak_ PENTINGNYA ILMU




السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
اَلحَْمْدُلله رَبِّ الْعَالمَِيْنْ , وَبِهِ نَسْتَعِيْن عَلَي أُمُوْرِالدُّنْيَا وَالدِّينْ , وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمْ عَلى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْن وَعَلى الِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِينْ. قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّىالله عَلَيْهِ وَسَلَّمْ : طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلى كُلِّ مُسْلِمِ وَمُسْلِمَةْ. اما بعد
Kepada Bapak Kepala TPQ dan MADIN kami hormati
Kepada segenap DEWAN Guru yang kami hormati
Kepada semua kawan-kawanku yang saya sayangi dan saya  bangga-banggakan.
Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kita kehadirat Allah I., dengan ucapan الحمدلله رب العالمين karena rahmat serta inayah-Nya lah kita sampai saat ini masih dapat merasakan indahnya gemerlap dunia ini dan bias berjumpa dimajlis yang insya Allah mubarok ini.
Kedua kalinya, sholawat serta salam marilah kita haturkan kepangkuan baginda Nabi agung, Muhammad r., yang akan memberikan syafaatnya kepada kita di dunia maupun kelak di yaumil qiyamah.
Ketiga kalinya, saya di sini akan menyampaikan sepatah dua patah kata tentang PENTINGNYA ILMU.
Kawan-kawanku yang berbahagia
Kita semua adalah makhluk yang sempurna di yang ciptakan oleh allah s.w.t, salah satu keistimewaan kita adalah, diberinya akal pikiran. Dengan akal ini manusia bisa berfikir, berekpresi, dan menemukan hal-hal baru. untuk melakukan semua itu maka kita membutuhkan pengetahuan atau ilmu. Nah bagaimana caranya kita memperoleh ilmu..? yaitu tidak lain dengan belajar. Oleh karena itu dalam sebuah hadistnya, Rasullallah pernah bersabda yang artinya:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلى كُلِّ مُسْلِمِ وَمُسْلِمَةْ
“Menuntut ilmu  wajib bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan”.
Belajar  merupakan kewajiban bagi setiap orang, terlebih bagi kita semua. Kita di sini santri-santri baik TPQ ataupun MADIN merupakan generasi penerus, generasi yang akan datang. Oleh karena itu kita selaku generasi mendatang haruslah giat dalam belajar untuk mendapat berbagai macam ilmu, kususnya ilmu agama.
Yang lebih megesankan lagi bahwa ilmu adalah jalan menuju kebahagian, kita  bisa mencapai apapun dengan ilmu. Barang siapa yang menginginkan tiket hidup bahagia, tenang, tentram di dunia harus dengan ilmu dan barang siapa yang menginginkan hidup bahagia, tenang, tentram di  akhirat juga harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan hidup bahagia, tenang, tentram di keduanya juga harus dengan ilmu. Karena ilmu adalah nurun, ilmu adalah cahaya, tanpa adanya cahaya maka hidup ini akan terasa gelap. inilah fungsi utama ilmu  bagi kita semua, sebagai sumber kehidupan.
Teman-temanku yang berbahagia
Rasulullah SAW. Bersabda, bahwa; Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan jala baginya menuju surga.
Dalam  hadist ini, rasullah ingin mendorong kita semua agar lebih giat untuk menuntut ilmu agar sorga bisa diraih, tapi menuntut ilmu bukan lah pekerjaan yang mudah, butuh pengorbanan dan kesabaran yang kuat,karena akan banyak rintangan yang menghadang. Sebagai mana yang dirasakan para guru-guru kita, seperti imam Buhkhori yang harus rela  berjalan kaki  dari kota ke kota, hanya untuk mendapatkan sebuah hadist. Seperti juga halnya ustadz H. abu na’im, ustadz hadiziq, ustadz, amin, ahmadi dan semuanya. Lantas bagaimana dengan kita sekarang, apakah kita masih belum mau menunutut ilmu, dengan semua fasilitas sudah tersadia?
Oleh karena itu wahai teman-temanku, masa depan ada di genggaman tangan kita, marilah kita jemput masa depan kita dengan semangat, belajar, belajar, belajar, dan terus belajar supaya kita menjadi khoiro ummat, umat yang terbaik, bi the mining pipel.
Yarfa illahul ladziina aamanuu mingkum, walladziina uutul ilma darajat.
Semoga bermanfaat
Ahirul kalam
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


1 komentar: